Headlines News :
Home » » Vettel Dinobatkan Sebagai Dewa Balap

Vettel Dinobatkan Sebagai Dewa Balap

Written By Unknown on Selasa, 27 November 2012 | 02.49


Sao Paulo, PODIUM - Sebastian Vettel dinobatkan sebagai "Dewa Balap" oleh media Jerman atas capaianya menjadi juara dunia FI tiga kali berturut-turut, setelah berhasil masuk finish di urutan keenam dalam Grand Prix pamungkas di Sao Paulo, Brazil, Minggu 25 November 2012.

Kegigihan Vettel dipuji, karena dalam lomba tersebut Vettel mengalami tabrakan dan juga masalah teknis lain sehingga sempat berada di barisan paling buncit. Namun, Vettel tetap mampu bertahan dalam lintasan dan masuk finish di urutan keenam untuk memperoleh 8 nilai tambahan, sehingga berselisih 3 poin dengan pesaingnya Fernando Alonso dari Ferari yang finish di urutan kedua dengan total perolehan 278 poin.

Suratkabar terbesar di Jerman, Bild, menuliskan, "Anda sekarang seorang dewa balapan... di usia 25 tahun, pebalap termuda sepanjang masa yang merebut gelar juara dunia sebanyak tiga kali,".

Sebelum balapan dimulai, Vettel unggul atas pesaingnya Alonsos sebanyak 13 poin. Vettel memiliki nilai 273 sedangkan Alonso 260 poin.  Seandainya saja Alonso masuk finish di posisi satu atau Vettel masuk di urutan ke-8, maka Alonso yang berhasil menjadi juara dunia Formula I tahun 2012 ini.

Dalam peraturan perolehan poin Formula I, 10 pebalap terdepan memperoleh nilai secara berturut-turut adalah 25, 18, 15, 12, 10, 8, 6, 4, 2, 1.

Grand Prix Brazil itu sendiri dimenangi pebalap McLaren, Jenson Butto, dan di tempat ketiga pebalap Ferari, Felipe Massa, di belakangnya, Max Webber, disusul Nico Hulkenberg.

Legendaris Schumacher di posisi tujuh, Jean Eric Vergne delapan, disusul Kamui Kobayashi dan Kimi Raikkonen.


Pebalap termuda

"Kesempatan ini sangat spesial meski saya sempat mengalami tabrakan," kata Vettel, seusai balapan.

Vettel, yang juga mencetak rekor sebagai pebalap termuda yang berhasil menjuarai Formula I berturut-turut sebanyak 3 kali, menyampaikan terimakasih kepada tim, pabrikan dan semua fansnya. 

Mengenai kemenangan dramatisnya, Vettel mengaku dirinya hanya berusaha menghindari siapa saja agar tidak bertabrakan lebih parah lagi, setelah sebelumnya bertabrakan dengan mobil Bruno Senna saat balap baru dimulai.

Dalam sejarah Formula 1, Vettel merupakan pembalap ke sembilan yang berhasil menjadi juara dunia Formula 1 sebanyak tiga kali, dengan catatan sebagai pembalap termuda. 

Vettel yang kini berusia 25 tahun 145 hari berhasil memecahkan rekor yang dipegang pembalap Brasil Ayrton Senna, yang merebut gelar juara dunia ke tiganya pada usia 31 tahun, begitu pula halnya dengan Michael Schumacher.

Sementara pebalap Argentina, Juan Manuel Fangio, meraihnya di usia 44 tahun. 

Tapi masih kita tunggu, apakah vettel mampu menyamai rekor sang legendaris Schumacher, yang mampu menjuarai Formula 1 secara berturut-turut sebanyak lima kali.


Tunggul Naibaho

Share this post :
 
Copyright © 2011. Podium Interaktif - All Rights Reserved
Pasang IKLAN, email Ke: podiuminteraktifnews@gmail.com