Headlines News :
Home » » Bisnis Pariwisata Bali Didominasi Asing

Bisnis Pariwisata Bali Didominasi Asing

Written By Unknown on Minggu, 25 November 2012 | 03.15


Denpasar, PODIUM - Bisnis pariwisata di Bali didominasi investor asing hingga 80 persen. Pemerintah dan investor lokal diharapkan segera melakukan langkah-langkah antisipasif.

Gemerlapnya parawisata di Pulau Dewata, ternyata tidak serta merta memberikan kontribusi ekonomi nyata bagi perekonomian Bali, dan juga belum berdampak positip bagi kalangan miskin. 

"Ini sangat membahayakan bagi perekonomian Bali. Oleh karena itu investor lokal harus diperkuat," kata Ketua Kamar Dagang dan Indistri (Kadin) Kabupaten Badung Anak Agung Ngurah Alit, Sabtu 24 November 2012.

Menurut Anak Agung, manfaat ekonomi dari bisnis pariwisata di Bali selama ini hanya dirasakan pemilik modal asing, dan keuntunganya dibawa ke luar Bali.

"Jika hal ini terus dibiarkan, maka putera daerah hanya akan jadi penonton di daerahnya sendiri," kata Anak Agung, seraya berharap pemerintah segera mengeluarkan kebijakan yang lebih melindungi dan berpihak kepada pengusaha lokal.

Prof Wayan Ramantha, pengamat ekonomi dari Universitas Udayana, membenarkan kondisi yang disampaikan Anak Agung tersebut, dan mengatakan investasi asing di Bali setiap tahunya terus meningkat.

"Para investor asing seharusnya dipersempit gerakannya sehingga tidak mendominasi," kata Wayan.

Akan tetapi, lanjutnya, Pulau Dewata memang masih membutuhkan banyak penanaman modal untuk sektor pariwisata.


Tunggul Naibaho
Share this post :
 
Copyright © 2011. Podium Interaktif - All Rights Reserved
Pasang IKLAN, email Ke: podiuminteraktifnews@gmail.com