Headlines News :
Home » » Jakarta Bakal Terapkan Nopol Genap-Ganjil

Jakarta Bakal Terapkan Nopol Genap-Ganjil

Written By Unknown on Jumat, 07 Desember 2012 | 01.55

Jakarta, PODIUM - Pemerintah Provinsi DKI dan Polda Metro Jaya mencapai kata sepakat untuk menerapkan nomor polisi (nopol) genap-ganjil, sebagai solusi radikal untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Ibukota.

Penerapan Nopol genap-ganjil (GG) rencananya akan dimulai Maret 2013. Dan penerapan Nopol GG ini akan diberlakukan di wilayah 3 in 1 dan juga jalan-jalan protokol utama dan juga jalur yang dilalui busway, dan hanya berlaku pada hari kerja Senin s/d Jumat, mulai pukul 06.00-20.00 WIB.
"Ya, kita kan terapkan Maret 2013. Semakin cepat semakin baik. Gak perlu ditunda sampai Juni 2013," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat koordinasi Pemprov DKI Jakarta dengan Polda Metro Jaya di Balaikota, Kamis 6 Desember 2012.

Menyusul kebijakan tersebut Pemrov DKI juga akan menambah armada angkutan umum, dan Jokowi mengatakan pada tahun 2013 akan ada penambahan armada angkutan umum sebanyak 102 bus gandeng.

Untuk memudahkan mengindentifikasi Nopol GG, maka rencananya pada plat nopol akan dipasangi stiker yang warnanya berbeda antara nopol genap dengan nopol ganjil.

"Kalau yang genap, misalnya, kuning, yang ganjil warna merah," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, menyambung omongan Jokowi.

Hadir dalam rapat tersebut unsur masyarakat lainya, yang diwakil Dewan Transportasi, YLKI, dan juga pakar transportasi.

Wakil Dirlantas Polda Metrfo Jaya, AKBP Wahono, meyakini kebijakan ini akan mampu mengurangi tingkat kemacetan hingga 40 persen.

Helmi R
Share this post :
 
Copyright © 2011. Podium Interaktif - All Rights Reserved
Pasang IKLAN, email Ke: podiuminteraktifnews@gmail.com